Langsung ke konten utama

Ikan Mas Koki, Berenang Sambil Bergoyang

kan mas koki (Carrassius auratus) adalah salah satu ikan hias air tawar yang termasuk ke dalam jenis ikan karper. Ikan mas koki dibawa dari China, akan tetapi jenis ikan ini sudah menyebar di berbagai negara termasuk Indonesia.

"ikan mas koki"
Ikan mas koki
Pada awal mulanya bentuk tubuh ikan mas koki sama dengan ikan mas biasa (Cyprinus carpio), bedanya hanya pada sepasang sungut yang tidak ada pada ikan mas biasa pada mulutnya. Akhirnya ikan mas koki mengalami mutasi  setelah melewati proses persilangan gen diawali dari warna tubuh, sirip dan ekor.

PERLENGKAPAN YANG DIPERLUKAN

Wadah.

Beberapa darikamu, pasti ada yang memelihara satu atau dua ekor ikan mas di dalam sebuah wadah kendi kaca. Memang dengan meletakkan ikan didalam wadah kendi kaca ini memberikan kesan artistik. Namun sebenarnya, wadah ini sangat kecil bahkan untuk menampung satu ekor ikan mas. Hal ini membuat ikan mas kamususah mendapatkan oksigen yang cukup dari permukaan air. Oleh karena itu, gunakan wadah aquarium yang cukup untuk memelihara ikan maskamu. Selain aquarium tersebut dapat mendukung kehidupan ikan maskamu, permukaan aquarium yang lebar membuat ikan mas kamudapat memperoleh oksigen yang cukup untuk mendukung kesehatannya. Ini dikarenakan oksigen yang masuk dari ujung kendi yang meruncing tidak sama dengan aquarium yang mempunyai area yang lebih luas. Memelihara ikan mas di dalam wadah kendi kaca, hanya akan menyusahkan kamusendiri karena kamuharus membersihkannya setiap hari untuk mengganti siklus air yang sudah kotor.

Ukuran.

Ikan mas pada awalnya memang berukuran kecil. Namun, jika kamubisa merawatnya dengan baik, ukuran ikan mas bisa sampai sebesar kaki orang dewasa. Banyak orang yang tidak menyadari ini sehingga mengharuskan mereka membeli wadah yang baru untuk ikan mas mereka yang sudah besar. Akan lebih baik jika dari awal kamusudah meletakkannya di wadah yang cukup besar. Disamping karena ikan mas kamubisa tumbuh besar, ikan mas kamuakan merasa sangat nyaman jika memiliki ruang untuk berenang yang cukup besar.

Penutup aquarium.

Ikan mas memiliki kecenderungan untuk meloncat ke atas permukaan air. Sebaiknya kamumemberikan triplek/ kayu untuk menutup aquariumkamu. Tutup itu juga berguna nantinya bagi kamujika kamuingin menambahkan lampu aquarium.

Lampu.

Gunakan lampu pijar yang redup untuk aquarium kamuselama kurang lebih 10 jam dalam sehari. Selain karena lampu ini tidak memakan banyak watt listrik, lampu ini menghantarkan panas yang cukup baik dibanding lampu pijar biasa yang berwarna putih yang cenderung menghantarkan panas berlebihan.

Dasar kerikil pada aquarium.

Meletakkan kerikil sebagai penghias dasar aquariumkamu. Ada beberapa alasan mengapa kerikil tersebut lebih baik dibanding yang lainnya. Pertama, karena kerikil tersebut tidak mempengaruhi tingkat keasaman pada air aquariumkamu. Berbeda dengan terumbu karang yang membawa pengaruh terhadap keasaman air. Kedua, karena kerikil ini membentuk permukaan yang bagus untuk tumbuhnya bakteri baik di dalam aquariumkamu. Selain untuk mendukung kehidupan ikan mas di dalamnya, bakteri ini juga berfungsi untuk mengatasi partikel berbahaya yang ada di dalam aquarium.

Air.

kamujuga harus memeriksa tingkat keasaman air yang ada di aquarium kamusecara teratur. Indikator pemeriksa keasaman ini dapat kamubeli di toko perlengkapan aquarium di kotakamu. Sifat air yang biasanya bertambah asam, dapat merusak kesehatan ikan maskamu. Jika hal ini terjadi, kamudapat membeli obat penetralisir keasaman di toko perlengkapan aquarium tersebut.

Menukar air aquarium.

Umumnya aquarium dilengkapi dengan filter yang berguna untuk menjaga kebersihan aquariumkamu. Namun, hal ini bukan berarti kamumembiarkan air di aquarium tidak diganti sampai berbulan bulan. Yang benar adalah kamutetap harus secara rutin mengganti air pada aquarium kamusekali atau dua kali dalam seminggu.

Penyaring.

Ikan mas selalu membuang banyak kotoran. Kotoran ini, jika dibiarkan, lama kelamaan akan menjadi amonia yang merupakan racun untuk ikan maskamu. Untuk itu, kamuharus mempunyai sistem penyaringan aquarium yang bagus. Penyaring yang ada pada filter kamuharus diganti secara teratur apabila sudah kotor. Filter ini pun harus dibersihkan setidaknya satu kali dalam sebulan agar bersih dari bakteri jahat yang menempel disana. Jangan lupa untuk mengukur kadar amonia dan nitrit pada air aquariumkamu.
Sebagai tambahan, filter ini diciptakan dengan berbagai kapasitas. kamuharus menyesuaikan jenis filter yang kamugunakan dengan jumlah ikan yang kamupelihara. Semakin banyak ikan yang kamupelihara di dalam aquariumkamu, maka harus semakin tinggi juga kapasitas filter yang kamugunakan.

Makanan ikan.

Pada dasarnya, makanan yang dimakan ikan mas adalah pellet yang memiliki komposisi daging dan tumbuhan. Berikanlah sedikit pellet untuk ikan mas kamubeberapa kali dalam satu hari. Jika pellet yang kamuberikan tidak habis dalam jangka 5 menit, ini berarti kamumemberi terlalu banyak.
Jangan memberi makan ikan mas kamusecara berlebihan. Pellet yang tidak habis dimakan akan terbenam ke dasar aquarium dan menjadi sumber penyakit bagi ikan maskamu.
Sebagai tambahan, rendamlah pellet yang akan kamuberikan kepada ikan mas dengan sedikit air terlebih dahulu agar pellet tersebut lebih lunak dan mudah untuk dicerna ikan maskamu.

Dekorasi.

Sama hal nya dengan ikan lainnya. Ikan mas juga senang memiliki tempat untuk bersembunyi. kamudapat membeli aksesoris aquarium untuk mewujudkan itu. Ada banyak jenis aksesoris yang dijual di toko perlengkapan aquarium. kamutinggal memilih yang sesuai dengan selerakamu. Hindari aksesoris yang memiliki permukaan yang tajam, selain bisa membuat kamuterluka, aksesoris seperti itu juga bisa melukai ikan mas yang kamupelihara.

Tumbuhan air.

Tumbuhan air selain mempercantik aquariumkamu, juga berguna untuk menekan kadar amonia dalam air aquariumkamu. Tumbuhan air yang tumbuh sehat di dalam aquarium kamuakan memberikan manfaat yang bagus untuk perkembangan ikan mas. Namun sebaliknya, jika tumbuhan air tersebut tidak tumbuh baik dan akan mati, sebaiknya kamusegera membuangnya karena tumbuhan yang mati tersebut akan menghasilkan racun. 

HAL YANG DIPERHATIKAN UNTUK MEMELIHARA IKAN MAS KOKI

Ikan koki sangat membutuhkan gelembung udaramaka akuarium harus tersedia air pump (penghasil gelembung udara akuarium). Jika menggunakan berbagai hiasan akuarium atau alas (pasir atau batu-batuan) cucilah terlebih dahulu sampai benar-benar bersih dan air tidak keruh.

Beri makan cukup 1x sehari dan jangan terlalu banyak (tergantung jumlah ikan yang dimiliki) agar ikan lebih agresif.

Biofiltrasi
Tehnik biofiltrasi yg baik datang dari penggemar ikan koi. kunci dari tehnik ini.Yaitu pemakaian media filtrasinya. di antara media terbaik yaitu menggunakan matt sintetis buatan jepang, yg sekarang ini banyak didapati di toko ikan hias.
Fungsi dari media ini dapat melakukan penyaringan kotoran ikan dan menahannya, hal ini dapat merangsang perkembangan dari bakteri nitrobacter didalamnya. Aerasi yang digunakan mesti cukup banyak serta waktu biofilter tersebut sudah berjalan, maka environment akuarium/ kolam ikan tersebut telah jadi stabil.

Untuk hobiis yg malas menguras air akuarium, metode ini pastinya amat pas, dikarenakan tidak membutuhkan pengurasan air yang terlalu sering. tetapi demikianlah kelemahan yg ada yaitu bahwa dengan air tidak dulu diganti, mengakibatkan zat/mineral yg dibutuhkan ikan menjadi kurang, karena zat tersebut ada di dalam air yang masih baru, sehingga bisa mengakibatkan ikan warnanya jadi kurang cerah. Tehnik ini dapat disertai dengan penggantian air parsial dengan teratur.

Kuras air akuarium sekitar satu bulan sekali (tergantung berapa lama air dapat bertahan)
Pada saat menguras akuarium sebelum dibuang ambil dahulu sekitar satu gayung air yang ada di akuarium. Lalu ambil ikan koki menggunakan jaring atau jala (jangan pakai tangan).
Letakkan ikan di air akuarium yang sudah diambil dalam gayung, kemudian bersihkan akuarium bisa dengan sikat atau spon pembersih.
Jika sudah, isi kembali akuarium dengan air baru, kemudian masukkan ikan koki bersama dengan air yang masih ada di gayung tadi. Hal ini untuk mencegah ikan koki stress dan supaya bisa cepat adaptasi lagi. Ulangi langkah-langkah diatas secara berkala dan rutin.


SUMBER
1. http://www.superperikanan.com/2016/11/klasifikasi-ikan-mas-koki.html
2. http://fungsi-media-internet.blogspot.co.id/2013/05/tips-merawat-dan-memelihara-ikan-mas.html
3. http://gilangnusantara45.blogspot.co.id/2018/01/ikan-mas-koki-dan-cara-perawatannya.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Organ-Organ Pernapasan Manusia

Dalam bernapas merupakan salah ciri dari makhluk hidup, yang semua makhluk hidup melakukan dalam proses ini, demikian juga pada manusia. Ketika bernapas, kita menghirup oksigen (O2) dan mengembuskan karbon dioksida (CO2). Kita harus menghirup oksigen karena setiap sel penyusun tubuh sangat membutuhkan oksigen. Tanpa oksigen, pada sel-sel penyusun tubuh manusia terutama sel-sel otak akan menjadi rusak hanya dalam beberapa menit. Oksigen digunakan untuk pembakaran zat-zat makanan (protein, lemak dan karbohidrat) dalam sel-sel tubuh. Dalam pembakaran itu menghasilkan energi serta karbon dioksida. Dengan energi inilah yang digunakan manusia untuk melakukan kegiatan sehari-harinya. Didalam manusia terdapat berbagai macam organ penyusun sistem pernapasan. Pada sistem pernapasan pada manusia meliputi mekanisme secara sederhana dan organ-organ penyusun sistem pernapasan.

Sistem Transportasi Pada Tubuh Manusia

Transportasi merupakan suatu proses yang terjadi pada tubuh manusia, dimana darah mengedarkan zat-zat dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Darah juga mengambil zat yang sudah tidak terpakai untuk dikeluarkan oleh tubuh. Transportasi pada manusia alat utamanya adalah darah. Darah beredar didalam tubuh manusia dengan dibantu oleh jantung dan juga dibantu oleh pembuluh darah.  Darah merupakan sistem transportasi pada manusia yang utama. Komponen darah terdiri dari kopusker yaitu merupakan unsur padat dari darah, terdiri dari eritrosit, lekosit, dan trombosit. Serta plasma darah yang merupakan cairan dalam darah. Proses normalnya darah adalah proses yang terjadi pada pembuluh darah. Jadi pembuluh arteri di dalam tubuh akan mengalirkan darah dengan bersambung pada kapiler, kapiler ini nantinya akan bertemu dengan pembuluh yang memliki ukuran kecil yang di sebut venula hingga akhirnya darah akan menuju ke pembuluh vena yang nantinya akan mengalir ke jantung lalu ke paru-paru. Fungs

Rumah Minimalis Tipe 21

Pada dasarnya rumah dengan type 21 ini adalah digunakan oleh 2 orang saja karena biasanya hanya terdapat 1 kamar atau 2 kamar saja. Rumah model ini biasa menjadi digunakan oleh para pengantin baru yang belum memiliki banyak anggota keluarga. Rumah model ini sederhana dan biaya untuk membuatnya juga hemat sehingga bisa menjadi pilihan bagi keluarga baru sebelum memiliki rumah yang lebih luas. Rumah model ini bisa terlihat bagus dan bisa mencukupi anggota keluar kecil dengan menerapkan konsep dan desain yang tepat. Konsep yang sangat disarankan adalah menggunakan konsep minimalis karena akan membuat rumah type 21 ini lebih simple dan terkesan luas, tentunya mempunyai tampilan yang indah dan modern. Tipe rumah 21 merupakan model rumah yang dibangun diatas lahan dengan total luas bangunan saja mencapai 21 m², contohnya rumah berukuran 6m x 3,5m. Ukuran lahan pada rumah tipe ini biasa dipadukan bersama lahan seluas 6m x 10m = 60 m² atau 6m x 12m = 72 m². Dari sinilah muncul tipe rumah